Mengenal Partisi - Partisi dasar di Android (Internal & External)

Di sini saya akan memberikan daftar Partisi Android yang paling Dasar/Umum & penjelasan singkat, dari masing-masing kegunaan partisi tersebut. Tujuannya adalah untuk memandu kalian memahami dan mengetahui partisi Android yang lebih baik dan mengerti file sistem, untuk mengelola perangkat kalian.

Sebenarnya apa sih partisi ?

Seperti layaknya komputer, Android juga memiliki media penyimpanan seperti hardisk. Pada android, partisi ini berada di Internal Storage dan External Storage.

Media penyimpanan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan Partisi. Jadi, partisi merupakan bagian-bagian ruang penyimpanan tadi.

Android sendiri, merupakan OS yang berasal dari Linux yang memiliki beberapa partisi seperti berikut.


Ini adalah daftar partisi internal Android :
    1. /boot
    2. /cache
    3. /data
    4. /misc
    5. /recovery
    6. /system

Dan ini adalah partisi eksternal :
    1. /sdcard
    2. /sdcard2 (tidak semua devices punya partisi ini)
    3. /sd-ext

Jadi ada total sebanyak 9 partisi yang ada di devices kamu, kecuali partisi /sdcard yang tidak ada di smartphone tanpa memory eksternal.

Dan apa kegunaan dari masing-masing partisi tersebut, simak penjelasan berikut:

1. Boot Partition (/boot)
    Seperti namanya, partisi boot berisi file yang memfasilitasi proses boot dari perangkat Android. Ramdisk dan kernel juga ditemukan pada partisi ini.

    Jika kalian menghapus partisi boot, kalian masih bisa booting perangkat kalian tapi hanya dalam mode Recovery. Semoga saja kalian tidak menghapus/wipe partisi ini kecuali kalian memiliki ROM dengan partisi boot di dalamnya.

2. Cache Partition (/cache)
    Partisi Cache di android akan menyimpan log dan data aplikasi yang sering diakses. Mendownload dari Google Play Store juga disimpan dalam partisi ini dulu.

    Wipe/Menghapus partisi ini tidak mempengaruhi perangkat kalian. malah ruang penyimpanan akan terasa menjadi lebih lega.

3. Data Partition (/data)
    Di sinilah data kakak disimpan. Ini termasuk segala sesuatu dari Setelan kakak dan Konfigurasi aplikasi yang sudah kakak unduh dan install, pesan (SMS / MMS) serta kontak, tapi bukan data seperti foto, video, musik dan sejenisnya.

    Wipe/Reset partisi data akan mengembalikan device ke pengaturan pabrik, menghapus semua aplikasi, pesan dan pengaturan pengguna dari perangkat, factory reset di fitur android pun akan menghapus isi partisi ini.

4. Misc Partition (/misc)
    Partisi ini berisi pengaturan hardware dan serba aneka di perangkat kakak. File didalam sini sifatnya ada, karena agar device kalian berfungsi dengan baik.

    Jika kakak menghapus partisi misc, device kalian tidak akan berfungsi dengan baik dan mungkin tidak dapat booting sama sekali.

5. Recovery Partition (/recovery)
    Partisi ini memungkinkan kalian boot dalam mode pemulihan. Sementara dalam mode pemulihan, kalian dapat melakukan banyak hal seperti menghapus partisi data/userdata kalian untuk mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik dan membersihkan partisi cahce dsb, tergantung seberapa multifungsi Recovery yang device kalian gunakan.

    Partisi ini bisa juga di isi dengan yang lebih dikenal "custom recovery" like TWRP/CWM/Phils dsb, pada dasarnya mereka muempunyai fitur lebih dari pada Recovery "Stock" atau bawaan device.

6. System Partition (/system)
    Seperti namanya, semua file yang berkaitan dengan OS disimpan dalam partisi ini. Ini juga mencakup semua aplikasi sistem yang merupakan bagian dari Rom & Android itu sendiri.

    Meghapus/Wipe isi dari partisi ini artinya kamu menghapus ROM di perangkat kamu sehingga menjadi No OS Installed. Jika isi dari partisi ini terhapus, berarti kamu harus melakukan flashing ulang ROM baik via TWRP Recovery atau Clean Install.

7. SDCard Partition (/sdcard)
    Partisi /sdcard pada Android mengacu pada ruang yang tersedia untuk menyimpan file dan data. Tergantung pada perangkat kaliam, mungkin ada beberapa partisi sdcard. Pada perangkat dengan slot kartu SD eksternal, partisi /sdcard merupakan perangkat penyimpanan internal. Untuk SDCard eksternal, kalian dapat menemukan partisi yang berbeda misal /sdcard 2 atau direktori di dalam partisi sdcard seperti /sdcard/sd.

    Menghapus partisi/storage ini tidak akan mempengaruhi android kecuali aplikasi kalian terinstall di penyimpanan ini. Partisi sdcard mungkin berisi data pengguna dan pengaturan aplikasi/data yang disimpan oleh aplikasi yang berbeda. wipe /sdcard hanya akan menghapus beberapa pengaturan aplikasi data pengguna dan tidak akan mengganggu proses boot/fungsi system.

8. SDCard2 Partition
    Partisi /sdcard2 hanya ada jika perangkat kalian memiliki slot untuk memory eksternal. Intinya, partisi /sdcard2 adalah partisi dari memory eksternal yang ada pada perangkat yang kamu miliki. Partisi ini memiliki fungsi yang sama, jika dilakukan Wipe, tidak akan terjadi masalah kecuali data-data seperti foto, video, musik, dokumen dan aplikasi akan hilang apabila terpasang di partisi ini.

9. SD-Ext Partition (/sd-ext)
    Ini adalah sebuah partisi tambahan dari partisi sd card yang banyak digunakan oleh custom ROM dan mods. Partisi Ini bekerja sebagai partisi /data dari /sd, menyimpan data pengguna dan pengaturan yang biasanya disimpan di partisi /data.

    Partisi ini bisa membantu device dengan memori internal yang terbatas sebagai data pengguna dan pengaturan disimpan pada kartu SD dan bukan pada penyimpanan internal.

    Wipe partisi sd-ext, jika kalian memiliki data yang tersimpan di dalamnya, kalian akan kehilangan pengaturan, kontak, pesan dan data lain yang tersimpan pada partisi tersebut.


Jadi seperti itulah partisi yang sering di temukan di android, namun itu belum semua partisi, masih banyak partisi yang belum saya tulis seperti sbl, modem, aboot, tz, rpm. bk* dsb, karena itu bukan termasuk partisi-partisi dasar android.

0 Response to "Mengenal Partisi - Partisi dasar di Android (Internal & External)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel