Perbedaan Garansi Resmi (TAM), Distributor dan BM (Black Market)

Halo Para Netizen hhe, di posting kali ini saya mau berbagi informasi ringan namun juga penting dan harus kalian ketahui.

Ya sesuai judul, kali ini kita akan bahas mengenai GARANSI. Kenapa harus GARANSI? emang penting ya GARANSI itu? toh kalau jatuh pecah juga gak masuk Garansi kan?

Tunggu, sabar dulu bosku. Kita bahas satu persatu kenapa perlu tahu tentang garansi tersebut.

Sebelum masuk ke topik pembahasan, yang perlu kalian ketahui Garansi dari sebuah produk itu sangat penting, mengingat suatu Brand/Perusahaan yang memproduksi produk (Barang) dalam jumlah banyak dalam sekali waktu produksi. nah dari ribuan atau ratusan produk yang di buat tentu akan ada produk yang mengalami error atau pun cacad produk meski sudah di lakukan Quality Control sekalipun (QC).

Contoh branded besar berinisial SS yang lagi heboh-hebohnya, Smartphone dengan high-end premium dengan pengerjaan yang begitu teliti tersebut bisa meledak.

Jadi kalau kamu membeli suatu produk dengan ada nya garansi dan ketemu produk yg error system/cacad produk (death pixel, Speaker matot, layar LCD garis-garis, dll.) kamu masih bisa memperbaikinya (Service ke ASC) dengan biaya GRATIS selama periode garansi tersebut masih berlaku.

Begitu sebaliknya dengan kamu membeli produk yang gak ada garansi nya tentu bakal apes dong, baru 1 bulan pemakaian eh sialnya dapet produk yg bermasalah. tentu akan menambah biaya lagi dong nantinya.


Nah soal garansi saya rasa sudah cukup paham.

Sekarang kita bahas mengenai Produk yang dipasarkan di Indonesia dengan 3 Type Garansi biar kamu sebelum beli produk bisa pilih-pilih lagi.
  • Garansi Resmi (TAM) => Garansi yang secara resmi di akui oleh suatu Perusahaan (si pembuat), biasanya garansi ini di berikan oleh pihak distributor yang sudah tercatat (whitelist) sebagai pihak yang bisa mengklaim Jaminan/garansi suatu produk ke si pembuat atau Perusahan, Jika kamu membeli produk yang berlabel Garansi Resmi (TAM) ini.

    Status Barang Import dari Garansi ini LEGAL atau Memenuhi syarat untuk mendistribusikan suatu produk.

  • Garansi Distributor => Garansi yang hanya di berikan oleh si distributor penyedia atau peng-import produk dan tidak bisa mengklaim jaminan/garansi ke pihak Perusahaan Lokal, biasanya Garansi Distributor ini meng-import barang langsung dari luar Negri tanpa melalui Perusahaan Smarthpone tersebut.

  • Garansi Black Market (BM) => Garansi tidak Resmi dan Produk Gelap, biasanya garansi yang di berikan bukan melalui Distributor melainkan dari Toko si penjual dan harga biasanya lebih murah. Status Produknya pun ILEGAL.

Dari Ke 3 Garansi ini kita bisa simpulkan Keuntungan dan Kerugian nya.
  • Garansi Resmi (TAM) => Kamu bisa klaim garansi produk yang kamu beli dan produk bisa di service langsung ke Perusahaan (si pembuat).

  • Garansi Distributor => kamu hanya bisa service dan klaim garansi ke distributor si penyedia (pengimport) tapi tidak bisa klaim garansi dan service produk ke Perusahaan (si pembuat).

  • Garansi Black Market => Garansi ini tentu akan di tolak oleh pihak Perusahaan (si pembuat) dan Pihak Distributor saat ingin klaim garansi / service produk. kamu cuma bisa service di toko biasa saja.

Jadi Garansi Resmi (TAM) lebih menjamin keaslian, baru dan produk dalam kondisi baik.

Garansi distributor biasanya produk yang di pasarkan berbeda dari produk yg resmi entah itu dari sparepart, System dll terkadang barang tidak di jamin produk baru dan dalam kondisi bagus (tidak tahan lama) Karna sebelum masuk ke indonesia tentu Produk sudah mengalami perubahan terlebih dahulu (contoh: ubah SKU, Kondisi Rooted dll).

Garansi BM tentu barang yang di jual lebih tidak bisa di jamin dalam kondisi baru, bisa jadi bekas atau rekondisi alias daur ulang barang yang sudah rusak (bekas) mungkin bisa jadi barang curian hhe.

Oke, Mungkin segini dulu informasi dari saya mengenai garansi kalau mau lebih lengkap tanyakan saja langsung ke Perusahaan nya hhe, ini saya menjelaskan dengan bahasa dan pengertian saya sendiri, jika ada yang salah tentang garansi atau penulisan mohon di koreksi yah biar kita sama-sama belajar.

0 Response to "Perbedaan Garansi Resmi (TAM), Distributor dan BM (Black Market)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel