Tips Mengatasi Notifikasi Telat atau Tidak Masuk di Xiaomi

Mungkin para pengguna ROM MIUI pastinya sudah tahu tentang rom tersebut, dan untuk pengguna yang sudah pernah menjajal ROM MIUI pasti tau kenapa ini terjadi, namun untuk pemula atau pengguna yang baru pertama kali menggunakan miui akan sedikit kebingungan, itu wajar, lama kelamaan nanti juga akan mengerti dan menyadari akan hal yang terjadi ini.

Baik jika kalian memiliki masalah notifikasi atau pesan dll yang tidak muncul ketika hape kalian standby itu karena proses (background) aplikasi tersebut dibunuh (kill) oleh keamanan MIUI apabila kalian tidak mengunci keamanan tersebut, jadi kalian perlu mengunci proses tersebut agar tidak terbunuh atau pesan dan notifikasi lambat masuknya, bisa jadi ketika aplikasi dibuka baru masuk, pesan, chat, notifikasi, pemberitahuan, seperti aplikasi WhatsApp, BBM, Instagram, Facebook, Twitter, LINE, WeChat dsb. Harusnya aplikasi seperti yang sifatnya meminta stay connect harus standby, jika aplikasi tersebut tidak standby maka aplikasi tersebut layaknya tidak berjalan di proses latar belakang. ini yang menyebabkan notifikasi kalian telat atau tidak masuk.

Cara Mengatasinya:
  • Lewat aplikasi Terkini (Kunci Proses) Untuk cara mengatasinya sangatlah mudah, kalian perlu mengunci aplikasi tersebut agar sistem keamanan tidak membunuh proses aplikasi tersbut. Caranya? Pada menu lihat aplikasi terkini, secara standar (jika fungsi tombol tidak dirubah) jika kalian menyentuh tombol show menu ini akan muncul seperti proses aplikasi yang berjalan dan keterangan Ram, nah untuk memproteksi proses aplikasi tersebut kalian hanya perlu membuka aplikasinya, misal WhatsApp lalu tutup kembali, tampilkan proses yang sedang berjalan, lalu tarik WhatsApp kebawah sampai muncul gambar kunci.


  • Lewat Keamanan (Mulai Otomatis) Cara ini adalah cara terbaik yang slalu saya gunakan (walau handphone habis mati, tapi tetap terjaga) dan cara ini menurut saya adalah cara yang jitu, karena walau proses tidak di kunci seperti cara 1 tadi dia masih tetap berjalan, karena di izinkan untuk memulai ulang, jadi walau aplikasi terkena kill ketika kita menghapus Ram (untuk melonggarkan ram) dia akan memulai kembali, nah saya telah test ini dan ini berhasil walaupun aplikasi terkini tidak di kunci, kalian bisa praktekkan dengan aplikasi music (bukan bawaan) test di aktifkan auto start nya, jika pas clear ram music mati, berarti aplikasi tersebut belum aktif auto start nya, coba matikan dan aktifkan kembali kemudian test lagi.

Caranya mudah, masuk aplikasi Keamanan > Perizinan > Mulai Otomatis


Aktifkan mulai otomatis aplikasi yang ingin kalian kunci prosesnya.


Nah jadi seperti itu ya, mudah kan.

Note: Jika kalian sudah set seperti di atas, tapi notifikasi kalian masih delay atau lambat masuk nya, atau kalau kasus aplikasi bbm hanya menyambungkan saja kalian harus memberi akses di Penghemat Baterai untuk mengizinkan aplikasi tersebut tetap menjalankan proses latar belakang, dengan cara:
  • Buka aplikasi Keamanan(Security)
  • Pilih Baterai
  • Pilih Penghemat baterai aplikasi
  • Set ke Tak ada Pembatasan
  • Kemudian akan muncul 2 opsi, kalian klik Izinkan


Mungkin cuma segitu saja yang saya ketahui, Semoga artikel saya mudah dimengerti karena saya ingin menyampaikan atau berbagi pengalaman kepada kalian tentang mengatasi notifikasi chat yang tidak muncul tersebut, dan bukan hanya tau saja caranya, tapi mengerti maksud, dan faham dengan tweak tersebut.

0 Response to "Tips Mengatasi Notifikasi Telat atau Tidak Masuk di Xiaomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel